Senin, 28 April 2008

Tips Belanja: Membeli Mobil Bekas


Membeli mobil bekas tidak semudah membeli mobil baru. Kita harus jeli terhadap kondisi mesin dan legalitas surat. Jangan khawatir, selama Anda paham langkah-langkahnya, niscaya mobil bekas bisa bebas dari masalah.


1. Tentukan dan siapkan dana. Jangan sampai harga mobil yang diinginkan lebih besar dari isi dompet Anda.
2. Buat daftar pilihan semua mobil yang sesuai anggaran Anda.
3. Buat skala prioritas kebutuhan Anda. Misalnya kapasitas penumpang, jenis mobil (sedan, minibus, jip dan sebagainya), besaran mesin plus teknologinya (ini berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar), layanan purna jual (termasuk ketersediaan suku cadang) dan seterusnya.
4. Dari daftar skala prioritas, coret daftar mobil yang tidak masuk kualifikasi. Terus lakukan sampai setidaknya tersisa tiga sampai lima mobil.
5. Kumpulkan informasi dari pilihan terakhir tersebut. Tanyakan ke kerabat, browsing atau baca referensi.
6. Setelah diketahui kelebihan dan kekurangannya, tentukan satu saja pilihan yang paling cocok dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Ingat, satu saja agar Anda bisa focus saat mulai hunting.
7. Hunting, ini adalah bagian yang membutuhkan kesabaran yang tinggi. Tahan emosi Anda dan jangan gegabah, karena kendalanya sangat banyak.
8. Ketika menemukan target mobil, perhatikan tiga hal mengenai kondisi mobil. Pertama, eksteriornya, apakah pernah terjadi tabrakan. Kedua, interior, coba fungsikan semua fitur yang tersedia. Ketiga, mesin, usahakan untuk mengajak mekanik yang dipercaya.
9. Kemudian, pastikan surat-surat mobil sah. Gesek nomor mesin dan nomor rangka ke institusi terdekat.

10. Setelah yakin dengan kondisi mobil dan surat-suratnya, bayar melalui bank dan minta tanda terima dari si penjual. Jangan lupa minta garansi!
Nah, jangan ragu lagi untuk membeli mobil bekas, teliti dan sabar adalah kuncinya. Selamat hunting! (M. Fauzisyah)



Picture: articlesofton.wordpress.com

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar