Selasa, 26 Agustus 2008

Tips Finansial: Memilih Manajer Investasi

Sebelum mempercayakan pengelolaan dana Anda pada Manajer Investasi (MI), ada baiknya sebagai calon investor memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Investor harus mempelajari gaya investasi masing-masing MI.
2. Timbanglah apakah gaya investasi itu sesuai dengan target dan profil resiko mereka masing-masing,
3. Jangan mudah tergiur dengan tawaran MI yang bisa memberikan keuntungan paling tinggi. Investor harus mengetahui gaya investasi MI, karena dengan mengenal maka rasa aman akan lebih terjaga.
4. Perhatikan secara seksama jenis obligasi atau saham yang ada di dalam portofolio MI. Apakah lebih banyak obligasi atau saham perusahaan-perusahaan kecil namun tingkat pertumbuhannya cukup besar, atau lebih banyak saham atau obligasi perusahaan mapan.
5. Perhatikan ada tidaknya dukungan grup perusahaan. Umumnya, masyarakat sangat memperhatikan dukungan grup perusahaan untuk meyakinkan diri bahwa MI yang akan dipilihnya akan berumur panjang. Artinya, semakin besar grupnya akan semakin kuat pula MI tersebut.
6. Cermati juga besar asset kelolaan para MI. Ibarat mesin produksi yang bisa menghasilkan barang lebih murah bila membuatnya dalam jumlah banyak, makin besar asset yang dikelola maka MI akan juga memberikan lebih banyak keuntungan.
7. Terakhir, pelajari jumlah nasabah yang sudah berinvestasi di MI tersebut. Banyaknya nasabah menunjukkan tingkat kepercayaan yang besar investor pada MI (Agung Kurniawan).

Source: Harian Seputar Indonesia

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar