Minggu, 18 Mei 2008

Tips Karier: Sukses Interview

Mendapatkan pekerjaan idaman adalah impian setiap insan. Sebelum melangkah jauh ke depan, Anda perlu memahami tips untuk menghadapi interview agar berjalan lancar dan sukses.
1. Kenali secara umum perusahaan yang Anda lamar. Lakukan sedikit riset melalui web atau bertanya kepada kenalan yang tahu banyak tentang perusahaan yang Anda lamar. Kalau perlu, cari tahu siapa yang akan Anda temui saat interview nanti. Pastikan pengalaman Anda bekerja selama ini dapat memberikan kontribusi yang cukup berarti saat interview berlangsung.
2. Ada baiknya melakukan sedikit pemanasan ketika akan menghadapi interview. Persiapkanlah beberapa pertanyaan yang mungkin akan dilontarkan penanya saat interview berlangsung. Jika diperlukan Anda dapat menuliskan semua jawabannya pada selembar kertas agar mudah mengingatnya.
3. Pertahankan kontak mata terhadap lawan bicara Anda. Perlihatkan kalau Anda sangat berharap banyak dengan pekerjaan dan posisi tersebut.
4. Tetaplah berpikiran positif. Jangan memberikan pandangan dan komentar negative terhadap pekerjaan dan posisi lama Anda.
5. Jadilah pendengar yang baik serta mampu beradaptasi dengan gaya pembicaraan lawan bicara Anda. Perhatikan bagaimana cara mereka berpakaian, dekorasi ataupun furnitur apa yang digunakan perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. Ini dapat membantu Anda percaya diri dalam mempresentasikan setiap pernyataan Anda.
6. Doronglah lawan bicara Anda untuk memberikan informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan. Tunjukkan kalau Anda sangat berminat dan mau tahu. Dengan demikian, mereka mengindikasikan Anda memiliki tingkat inisiatif yang tinggi (sita ap).

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar