Jumat, 08 Februari 2008

Tips Kesehatan: Enyahkan Godaan Merokok


Semakin cepat berhenti merokok, semakin besar pula terhindar dari risiko penyakit. Meski tidak mudah berhenti merokok, tetapi usaha menghentikannya bisa dilakukan melalui beberapa cara:


Motivasi dari dalam
Keinginan berhenti merokok dimulai dari diri sendiri. Ada kecenderungan, orang merokok ketika stress melanda. Jika beban masalah teramat berat, luangkan waktu sejenak untuk merelakskan tubuh melalui yoga, musik relaksasi. Jauhkan asbak dan rokok agar Anda tidak tergoda merokok.

Ubah rutinitas
Ubah kebiasaan yang biasa dilakukan sehari-hari. Misalkan, sehabis makan merokok diganti dengan mengunyah permen. Selain itu, letakkan rokok bukan pada tempat biasanya. Jika keinginan merokok kuat, lakukan pekerjaan lain untuk mengalihkan perhatian.

Gunakan obat-obatan
Untuk mengurangi kebiasaan merokok, bisa menggunakan obat-obatan seperti bupropion (Zyban) atau varenicline (Chantix). Namun, hati-hati karena obat-obatan ini pun disinyalir mempunyai dampak yang lain seperti keinginan bunuh diri. Konsultasikan ke dokter jika ingin menggunakan obat-obatan tersebut.

Konseling
Jika tidak berhasil, bisa melakukan konseling dengan dokter dan terapi agar keinginan berhenti merokok tercapai.


Picture: EHow.Com

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar