Kamis, 03 Juli 2008

Tips Orang Tua: Memilih Sekolah

Selain bentuk fisik gedung sekolah dan seringnya memasang iklan di media massa, ada beberapa hal yang patut diamati untuk memilihkan sekolah terbaik bagi buah hati tercinta.

1. Sarana Fisik
Terkadang orang tua hanya melihat sekolah dari segi sarana fisik. Padahal belum tentu sekolah yang dipilih sesuai dengan yang diinginkan. Yang paling penting, ruangan yang cukup memadai dengan rasio siswa di dalam kelas tidak terlalu padat. Fasilitas kelas juga harus mendukung kurikulum yang ditawarkan. Jangan lupa juga perhatikan bagaimana sekolah mengelola sarana dan prasarana tersebut.

2. Setting Kelas
Sekolah yang baik bisa menciptakan kelas yang fleksibel dan tidak membosankan. Ruang kelas ditata agar anak betah seharian berada di dalamnya. Namun belajar dapat terjadi dimana saja, duduk di meja di depan guru, duduk melingkar di tengah kelas, di bawah pohon atau di kebun sekolah.

3. Aktivitas Belajar
Kurikulum Nasional menjadi acuan semua sekolah, baik negeri maupun swasta. Namun, aktivitas yang ditawarkan seringkali berbeda. Sekolah swasta menawarkan aktifitas yang khas dan tujuan yang khas pula. Perhatikan kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan, apakah memiliki tujuan yang jelas atau tidak.

4. Konsentrasi
Ruang kelas yang nyaman, biasanya membuat anak lebih mudah konsentrasi dalam belajar. Kehadiran guru-guru yang menyenangkan juga akan membuat anak lebih mudah berkonsentrasi (Bernadette).

Source: Harian Seputar Indonesia

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar