Senin, 20 Oktober 2008

Tips Interior: Memilih Warna untuk Rumah Minimalis

Pemilihan warna terhadap suatu ruangan akan membentuk kesan tersendiri dari ruangan tersebut. Beberapa pertimbangan yang diperlukan ketika Anda ingin mengubah tampilan warna rumah minimalis Anda sebagai berikut:

1. Ukuran Ruangan. Untuk memberikan kesan luas pada ruangan yang kecil, penggunaan warna yang muda dan terang serta warna netral pada furniture sangat diperlukan. Aplikasi warna cerah untuk pola-pola dan aksesori ruangan seperti bantal sofa, pot bunga, kap lampu atau lukisan dan gambar. Anda dapat menggunakan cat dinding bertekstur bila tidak ada banyak pola untuk dekorasi ruang.

2. Lokasi Bangunan. Rumah di daerah tropis disarankan menggunakan warna sejuk atau netral. Warna dinding bernuansa hijau, biru atau ungu akan membangun perasaan sejuk.

3. Lokasi Ruangan. Perlu diperhatikan arah datangnya sinar matahari dalam suatu ruangan, seperti ruangan yang menghadap utara, barat laut atau barat daya cenderung mendapatkan sinar matahari tidak langsung. Sebaiknya ruangan tersebut menggunakan warna yang lebih hangat seperti warna yang bernuansa kuning (yellow chiffon), cokelat atau soft peach. Untuk ruangan yang banyak menerima sinar matahari, sebaiknya mengurangi tone warna dan menggunakan warna yang sejuk seperti warna bernuansa hijau, biru, abu-abu atau lavender.

4. Tipe Ruangan. Warna juga dapat mendukung kegiatan yang akan berlangsung dalam suatu ruangan. Pada kamar tidur orang dewasa, biasanya menggunakan warna yang nyaman, kalem dan tenang yang kondusif untuk tidur. Untuk kamar anak, biasanya dipilihkan warna yang lebih menstimulus yaitu warna cerah. Pada ruang kantor biasanya digunakan warna yang hangat dan warna-warna dasar.

5. Bentuk Ruangan. Permainan campuran warna dalam satu ruangan dapat dilakukan dengan memperhatikan bentuk dari ruangan tersebut. Ruang yang panjang dan sempit akan kelihatan lebih lebar bila salah satu sisi atau kedua sisi yang lebih pendek diberi warna cat yang cerah atau gelap, sementara sisi yang lain menggunakan warna pucat yang matching. Untuk ruangan berbentuk kotak tanpa jendela besar atau focal point dapat ditambahkan suatu warna dengan aksen kuat di salah satu dindingnya. Hal ini akan membuat ruangan lebih berkarakter dan lebih menarik. Misalnya, tiga dinding berwarna putih dan satu dinding diberi cat ungu (mg-22).

Source: Harian Seputar Indonesia

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar