Selasa, 28 Oktober 2008

Tips Kuliner: Agar Kaldu Lebih Gurih


1. Kaldu Daging. Sebaiknya tulang yang digunakan untuk membuat kaldu masih mempunyai daging, lalu diberikan seledri, daun bawang dan kupasan kulit wortel. Selanjutnya air direbus dengan api kecil selama empat jam. Niscaya kita bakal mendapatkan kaldu yang sangat gurih.
2. Kaldu Ayam. Hampir sama dengan kaldu daging; tulang, ceker, kepala dan leher ayam direbus bersama seledri, daun bawang dan kulit wortel dengan api kecil selama dua jam. Bila proses ini dijalankan, kita bakal mendapatkan kaldu ayam yang sangat enak.
3. Kaldu Ikan. Kepala, duri dan ekor ikan direbus bersama bawang Bombay Rajang, bawang putih geprak serta jahe geprak dengan api kecil selama satu setengah jam. Setelah itu, kita bakal mendapatkan kaldu ikan yang gurih dan tidak amis.
4. Kaldu Udang. Kepala dan kulit udang direbus bersama bawang putih geprak, jahe dan bawang Bombay dengan api kecil selama satu jam. Cocok untuk membuat makanan berkuah yang di dalamnya mengandung udang, baik udang segar maupun olahan.
5. Kaldu Telur Asin. Merah telur asin ditumis dengan api kecil hingga beraroma matang dan tidak amis. Lalu masukkan air panas, seledri, daun bawang dan kulit wortel, rebus selama 30 menit. Kemudian angkat dan saring. Kaldu ini dapat digunakan untuk aneka masakan.
6. Bubuk Teri. Cuci terlebih dahulu teri medan, tiriskan dan jemur selama setengah hari. Lalu sangrai dan haluskan. Bubuk teri dapat digunakan untuk mengharumkan berbagai masakan (*).

Source: Harian Seputar Indonesia
Anda sedang cari info atau ingin promosi usaha seputar kuliner? Klik Disini

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar