Selasa, 28 Oktober 2008

Tips Interior: Merancang Kamar Bayi

Buah hati Anda sangat sensitive terhadap pengaruh lingkungan. Itulah sebabnya Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini ketika merancang kamar untuk buah hati Anda itu.

1. Lokasi Kamar. Pilih ruang yang memberi ketenangan pada bayi.
2. Sirkulasi Udara. Kamar bayi sebaiknya berjendela, berventilasi dan bisa dibuka setiap pagi. Jika memakai pendingin udara, atur suhunya agar tidak terlalu dingin. Matikan jika di luar udara sejuk.
3. Warna Kamar. Semua warna bagus buat bayi. Warna cerah seperti merah muda, kuning, biru pastel dan hijau pastel biasanya akan disukai bayi karena akan membuatnya bergairah.
4. Pencahayaan. Upayakan kamar bayi mendapat sinar matahari pagi langsung dengan menaruh tempat tidur di dekat jendela sebelah timur. Pencahayaan alami sangat penting untuk mematikan mikroba yang merugikan kesehatan dan mencegah agar kamar tidak lembab.
5. Kebersihan. Sprei, selimut, karpet, kelambu termasuk boneka dan mainan harus teratur dibersihkan. Demikian juga dengan berbagai produk kosmetika di atas baby taffel. Segera kosongkan tempat sampah di dalam kamar, meski jenisnya bertutup.
6. Keamanan. Merupakan factor yang lebih penting dari sekedar kamar yang indah dan nyaman. Perabotan hendaknya tidak berujung runcing. Jika berujung lancip, tutup dengan pengaman. Perabotan harus cukup kokoh, tidak mudah roboh atau terlepas (laci dan sebagainya). Periksa celah tempat tidur secara rutin untuk menghindari resiko bayi terjepit, buatlah pagar boks bayi cukup tinggi agar tidak dipanjat bayi.


Source: Majalah AYAHBUNDA No.19. 15-29 September 2008

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar