Kamis, 18 September 2008

Tips Karier: Menguasai Bahasa Asing

1. Bicara Tanpa Rasa Takut
Masalah terbesar yang dihadapi sebagian besar orang dalam mempelajari bahasa asing adalah ketakutan mereka sendiri. Mereka takut terlihat bodoh jika tidak berbicara dengan benar sehingga sama sekali tidak berbicara.

2. Gunakan Semua Sumber
Jika Anda sudah belajar bahasa asing di lembaga kursus, bukan berarti Anda tidak boleh belajar dari sumber lain. Sebab, Anda akan mampu belajar lebih cepat apabila menggunakan sebanyak mungkin sumber, metode dan alat.

3. Hidup di Lingkungan Berbahasa Asing
Cara terbaik untuk belajar bahasa asing adalah tinggal di lingkungan yang menggunakan bahasa asing tersebut. Namun, tentu tidak setiap orang memiliki kesempatan hidup di luar negeri. Ini tetap bisa disiasati.

4. Dengarkan Penutur Asli Sebanyak Mungkin
Tempat Anda belajar bahasa asing tentu memiliki guru-guru yang memiliki kemampuan berbahasa asing sangat baik. Namun begitu, Anda tetap membutuhkan penutur asli (native speaker).

5. Tonton Film dan Televisi Berbahasa Asing
Sekuat apapun tekad seseorang mempelajari bahasa asing, dia tidak akan bisa berbicara atau menulis dalam bahasa asing apabila tidak memiliki kekayaan kosa kata. Cara paling menyenangkan dan efektif memperkaya kosa kata bahasa asing adalah dengan menonton film dan siaran televisi berbahasa asing.

6. Dengarkan Musik Berbahasa Asing
Mendengarkan musik berbahasa asing bisa menjadi metode sangat efektif untuk mempelajari bahasa asing. Cara terbaik untuk mempelajari bahasa asing dengan musik adalah dengarkan lagu itu dan baca liriknya.

7. Jalani Latihan dan Ujian
Banyak orang beranggapan bahwa latihan dan ujian bukan aktivitas yang menyenangkan. Pembelajar bahasa asing jangan seperti mereka. Sebab, tanpa latihan dan ujian, Anda tidak akan pernah tahu seberapa jauh kemajuan Anda (Bernadette).

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar