Selasa, 03 Juni 2008

Tips Hamil: Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil


Cedera atau sakit punggung paling sering dialami wanita hamil. Berikut beberapa tips mencegah dan mengatasi sakit punggung saat hamil:

1. Jagalah agar kenaikan berat badan Anda tidak terlalu jauh di atas parameter berat badan yang direkomendasikan dokter. Badan yang terlalu berat akan makin membebani punggung Anda dan membuatnya sakit.

2. Jangan memakai sepatu dengan hak terlalu tinggi, atau juga terlalu datar. Para ahli menganjurkan pemakaian hak paling tebal 5cm, untuk menjaga tubuh Anda berdiri dengan seimbang.

3. Jangan berdiri terlalu lama. Jika harus, usahakan salah satu kaki berada di tempat yang lebih tinggi dari yang lain dengan lutut sedikit ditekuk. Saat mencuci piring di dapur, alasi kaki Anda dengan keset untuk menahan tekanan lantai yang terlalu keras.

4. Ketika akan mengangkat barang, bebankan tenaga pada tangan dan kaki, bukan pada punggung Anda. Saat membawa belanjaan, bagi dua kantung belanjaan Anda dan peganglah dengan masing-masing tangan, jangan membawa jadi satu di depan dada Anda.

Source: Majalah Mother & Baby Indonesia, Februari 2008

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar